“Nata de Coco” Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa SMKN 2 Ketapang

Sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan, SMK Negeri 2 Ketapang terus mendorong siswa nya untuk memiliki jiwa kewirausahaan (entreprneurship) usai menamatkan pendidikannya di SMK. Untuk itu pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahan yang terdapat dalam kurikulum SMK sangatlah penting untuk diberikan, sehingga jiwa kewirausahaan siswa bisa muncul sejak dini.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau disingkat PKK adalah salah satu mata pelajaran yang ada di SMK Negeri 2 Ketapang. Mata Pelajaran PKK ini diajarkan di kelas XI dan XII pada setiap kompetensi keahlian.

Dalam mencapai tujuan agar siswa bisa berwirausaha, mata pelajaran PKK memiliki kontribusi besar untuk menjadikan peserta didik  yang berjiwa wirausaha, dapat membuat produk produk kreatif, mengelola keuangan termasuk memasarkan produk yang telah dibuat.

Guru-guru pengampu mata pelajaran PKK di SMKN 2 Ketapang terus memotivasi siswa siswi untuk membuat produk-produk kreatif dan kewirausahaan, salah satu produk PKK hasil karya siswa yang menjadi produk unggulan di SMKN 2 Ketapang adalah Nata de Coco yang terdapat pada kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP).

Ibu Susi Aryanti, S.Pd selaku guru PKK di kelas XII APHP mengemukakan alasan kenapa produk Nata de Coco dipilih sebagai salah satu produk kreatif yang diajarkan ke siswa karena bahan baku air kelapa yang melimpah dan mudah didapat di Kabupaten Ketapang. Selain banyak diminati karena rasanya yang enak dan kaya serat, pembuatan nata de coco pun tidak sulit dan biaya yang dibutuhkan tidak banyak sehingga dapat dijadikan materi pembekalan bagi siswa/i untuk dapat berwirausaha di bidang ini

Nata de Coco yang telah jadi dijual seharga Rp8.000 per bungkusnya. Nata de Coco ini juga mulai dipasarkan di media sosial Facebook, Instagram, whatshapp, dan media sosial lain yang dimiliki siswa dan guru. Penjualan masih sebatas lingkungan tempat tinggal dan di sekolah. Ke depannya pihak sekolah akan mencoba berjualan melalui aplikasi penjualan online/marketplace agar memiliki jangkauan pasar yang lebih luas untuk mengenalkan hasil karya produk kreatif siswa/i  SMKN 2 Ketapang.

#SMKBisa #SMKHebat #CerdasBekarakterInovatif

Oleh: Fajar Heryadi, S.Pd & Susi Aryanti, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *